Mendapat review negatif karena chat tidak dijawab dan pasien sudah membayar - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, saya ingin sedikit sharing mengenai review negatif yg tampaknya sudah sering kita dapatkan apabila ada pasien yg merasa belum dijawab...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Mendapat review negatif karena chat tidak dijawab dan pasien sudah membayar

    Dibalas 15 April 2024, 09:22
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Spesialis Anak

    Alo dokter, saya ingin sedikit sharing mengenai review negatif yg tampaknya sudah sering kita dapatkan apabila ada pasien yg merasa belum dijawab konsultasinya pdhl sudah membayar. Kenyataannya kita tidak dibayar utk pertanyaan yg tdk terjawab bukan? Apabila demikian apakah ada pertanggungjawaban dari pihak alodokter mengenai hal ini spt pengembalian dana otomatis jika pasien tdk mendapat respon dari mitra alodokter?

    Beberapa kasus pertanyaan dialihkan kpd dokter lain sehingga dpt meminimalisir komplain, namun pd kasus lain tdk ada pengalihan dan akhirnya pertanyaan pasien tdk terjawab dan kita mendapat review negatif. Kl spt itu bagaimana ya mekanismenya? Apakah tdk bs dialihkan sj semua chat bila mmg kita tdk bs langsung menjawab? Krn dlm pekerjaan sehari2 terkadang ada hal2 lain yg tdk dapat ditinggalkan sehingga mendadak tdk dapat memberi respon.

    Mohon penjelasan dan sharingnya rekan2, terima kasih

11 April 2024, 10:17
dr.Fandi Triansyah, Sp.PD
dr.Fandi Triansyah, Sp.PD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Saya setuju  dok utk sistem pengalihan sebaiknya otomatis saja, jika dalam waktu tunggu first respon ga dijawab sebaiknya alih otomatis saja. Yg membuat jengkel seringkali user masuk di waktu2 mepet di 15 menit kita mau off,  bahkan di saat kita sudah ber status sibuk (krn udh jadwal iddle mau off). Utk sekarang sepertinya user masih diberi opsi, mau nunggu atau ke dokter lain, itulah sepertinya sebab dr kenapa ada yg dialihkan dan ada yg tidak. Mengenai biaya setahu saya memang akan dikembalikan ke user jika ga ada konsultasi yg terjadi
11 April 2024, 20:46
Saya setuju dok.. mestinya otomatis dialihkan saja kalau tidak ada respon sama sekali.
Dan apabila disaat tsb kita hanya single fighter shg tidak bs dilakukan alih otomatis, baiknya pengembalian dana ke user otomatis saja diberikan. Spy tidak ada review negatif yg muncul.
Seperti yg dokter sebutkan, kita terkadang ada hal mendesak yg tidak bs ditinggalkan sehingga tidak bs merespon sama sekali.
Alangkah baiknya ini jadi pertimbangan tim alodokter utk mengembalikan dana user tsb otomatis sblm user membuat review negatif nya.
15 April 2024, 09:22

Alo, Dokter,

Terima kasih untuk diskusi dan masukannya mengenai review negatif dari chat yang tidak mendapatkan respon dari Dokter walaupun Dokter tidak dibayar untuk chat tersebut.

Sesuai dengan tujuan Alodokter, untuk memfasilitasi kemudahan dalam mencari informasi kesehatan terlengkap dengan respons cepat dan membantu masyarakat Indonesia dalam membuat keputusan terbaik terkait kesehatan diri dan keluarga, maka Kami dari Alodokter mengharapkan adanya satu tujuan yang sama dan serupa dari Rekan-rekan Dokter Umum dan Dokter Spesialis sebagai mitra dan rekan kerja Alodokter juga, untuk memberikan pelayanan yang profesional dan prima untuk pasien-pasien di Alodokter. 

Jika Rekan-rekan Dokter sudah mengambil jadwal praktik online sesuai dengan pilihan rekan-rekan Dokter, maka dari Alodokter sebagai Mitra mengharapkan Dokter untuk senantiasa mengedepankan pelayanan dengan menepati dan dapat mempertanggungjawabkan jadwal yang sudah dipilih. Apabila rekan-rekan Dokter berhalangan hadir, maka Dokter dapat berkomunikasi dengan tim Medical Ops untuk memberitahukan kendala yang sedang Dokter hadapi. 

Perihal take down review negatif sendiri, sampai saat ini terutama apabila ada kendala-kendala dari sisi sistem dan aplikasi yang menimbulkan ketidaknyamanan dari pihak pasien atau pun dari pihak Dokter. Untuk ini Alodokter juga senantiasa mengevaluasi dan terus berusaha memperbaiki diri agar dapat senantiasa menyediakan platform telekonsultasi yang mumpuni untuk mitra-mitra Dokter. 

Sekali lagi terima kasih untuk masukannya dan silahkan dapat mengkomunikasikan hal-hal teknis dan operasional dengan Tim di Alodokter.  Mari kita bersama-sama selalu berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pasien-pasien telekonsultasi di Alodokter.