Alo, teman sejawat semua. Saya ingin berdiskusi mengenai pasien yang konsultasinya sangat lama, tidak selesai2, bahkan setelah dokter sudah offline dokter...
Mengatasi pasien yang tidak selesai-selesai saat konsultasi online - Diskusi Dokter
general_alomedikaDiskusi Dokter
- Kembali ke komunitas
Mengatasi pasien yang tidak selesai-selesai saat konsultasi online
Alo, teman sejawat semua. Saya ingin berdiskusi mengenai pasien yang konsultasinya sangat lama, tidak selesai2, bahkan setelah dokter sudah offline dokter tetap dicecar pertanyaan dan tidak sungkan sama sekali untuk terus bertanya, dan pertanyaannya diulang2 kembali. Ingin rasanya mengakhiri percakapan sesegera mungkin, namun kita semua tahu, bahwa ulasan pasien sangat berpengaruh pada banyaknya kita mendapatkan pasien. Misalkan kita dapat ulasan negatif, atau rating turun, pasti pasien juga bertambah sedikit.
Apakah ada yang punya solusi, supaya tidak terjadi demikian karena saya sudah beberapa kali mengalami hal seperti ini. Terima kasih
Menurut saya di sini tim management juga perlu andil supaya pasien sudah tau aturan “main” ini karena tidak semua dokter bisa mengutarakan dg tegas pasien hanya boleh satu keluhan satu org saja yang dikonsulkan
Ada salah satu RS di Bandung yg memberikan fasilitas telemedicine, peralatan, waktu, alat, dan tempat difasilitasi RS. aturan nya, sesi konsultasi hanya dilakukan 30 menit, biaya nya hampir sama dengan datang ke poliklinik di RS tsb, dan peminatnya sangat banyak. Setelah 30 menit, sesi berakhir.
Mungkin perlu dibuat aturan juga oleh tim alomedika mengenai durasi konsultasi, agar sesi konsultasi menjadi lebih efektif, dokter dapat mengatur waktu, dan pasien pun memanfaatkan waktu dg sebaik-baiknya.
Semoga membantu.
Karena ada beberapa pasien yg suka cari2 pertanyaan (tidak mau di-end chat, alias ga mau rugi)
Karena tidak semua dokter mampu mengutarakan bahwa tidak boleh konsultasi lebih dari 1 topik dan lebih dari 1 orang 😊
Terima kasih atas sarannya 😊
Untuk take down komentar negatif, sementara ini ada juga yang mengalami demikian, tp tidak kunjung ditake down oleh pihak alodokter
Perihal waktu konsultasi dan tarif ini mmg sebenarnya lbh baik diatur oleh IDI Dok,Krn saat ini konsultasi online blum diatur tegas, wajar saja setiap platform berlomba2 memanjakan pasien,Ada yg dg memberikan kelonggaran konsultasi, ada yg banting harga dan diskon, ada pula yg memudahkan peresepan obat.Semoga ke depan IDI bs memberikan arahan untuk konsultasi online sehingga baik hak pasien dan juga hal dokter terlindungi dengan baik.
Saya cek lagi di riwayat chat, pasien dengan skin tag mengharapkan obat yang bisa di oles2 untuk menghilangkannya🙈
Sudah dijelaskan tatalaksananya seperti apa, sampe jempol mau potek,,saya rasa perlu juga di cek oleh tim QC ulasan2 pasien yg gak masuk akal seperti ini
Setelah pertanyaan mengenai dirinya terjawab, ganti pertanyaan sodaranya, setelah terjawab ganti lagi ke tetangganya..
Ato 1 keluhan terjawab, tanya lagi keluhan lainnya, kalo sudah terjawab pun tanya lagi keluhan lainnya (seluruh tubuh, tidak hanya saraf).
Ini beberapa kali saya temukan begini..
Jadi ada beberapa pasien yang benar2 ingin memanfaatkan semaksimal mungkin konsultasi 35rb untuk bertanya semua permasalahan kesehatan, mulai dari dirinya sampe kerabat2nya..
Ketika saya coba peringatkan dengan halus, langsung jawabannya ketus.
Betul sekali dok, saya setuju memang seharusnya ada batasan waktu dan disclaimer dari awal oleh tim alodokter bahwa pertanyaan hanya 1 topik dan untuk 1 orang saja
Kejadian seperti ini masih berulang bahkan sampai dengan sesaat sebelum saya menuliskan balasan di kolom komentar ini.
Saya sudah sampaikan ke tim alomedika terkait masalah ini, semoga segera ada solusi yang terbaik untuk kita semua.
Salam sehat 🙂