Keluhan-keluhan dari pengguna yang tergolong ‘curhat’ ataupun masalah pribadi sering ditemui oleh Interactive Medical Advisor Alodokter. Kadang, hal-hal...
Fitur chat bersama dokter digunakan sebagai tempat curhat pengguna, namun bagaimana cara menghadapinya - Diskusi Dokter
general_alomedikaDiskusi Dokter
- Kembali ke komunitas
Fitur chat bersama dokter digunakan sebagai tempat curhat pengguna, namun bagaimana cara menghadapinya
Keluhan-keluhan dari pengguna yang tergolong ‘curhat’ ataupun masalah pribadi sering ditemui oleh Interactive Medical Advisor Alodokter. Kadang, hal-hal seperti ini banyak dihindari oleh teman sejawat karena berbagai alasan dan biasanya akan dirujuk ke psikolog/psikiater oleh teman-teman sejawat agar informasi yang diberikan lebih relevan dengan keluhan yang diajukan.
Tetapi, untuk kasus-kasus seperti ini, dokter dapat diharapkan untuk menonjolkan rasa empati serta mencoba membangun komunikasi yang baik dengan pengguna menggunakan percakapan yang interaktif. Tujuannya tidak lain agar pengguna dapat lebih tenang dan menerima kondisi yang dialami. Saat konsultasi berlangsung, dokter dapat sembari tetap memberikan informasi medis yang sistematis dan memberikan rekomendasi rujukan yang tepat.
Pada akhir percakapan, dokter juga bisa menanyakan perihal kejelasan informasi pada pengguna. Sikap ini menonjolkan sifat care dan reassurance, sehingga dapat meningkatkan kepuasan user terhadap pelayanan chat bersama dokter.
Bagaimana menurut pendapat rekan sejawat sekalian? Adakah yang pernah menghadapi pasien yang curhat saat sesi telekonsultasi?
Karena kemampuan empati atau membangun aliansi terapeutik tidak hanya perlu dimiliki oleh psikiater atau psikolog namun oleh semua tenaga medis🙏
Terkadang ragu juga untuk ambil pertanyaan dengan topik ini karena takut melebar. Namun, setelah ditanggapi ternyata user kebanyakan memang ingin didengarkan secara aktif saja. Malahan solusi atas permasalahannya bisa keluar dari user sendiri dan kita yang mengarahkan.