Alo, Dokter!Adanya perkembangan fitur pada Aplikasi Alodokter seperti peresepan online dalam Chat Bersama Dokter di tahun 2020 ini, tentunya memberikan...
Pembaharuan Pedoman Dokter (General Rules Aplikasi Alodokter) Tahun 2020 - Diskusi Dokter
general_alomedikaDiskusi Dokter
- Kembali ke komunitas
Pembaharuan Pedoman Dokter (General Rules Aplikasi Alodokter) Tahun 2020
Alo, Dokter!
Adanya perkembangan fitur pada Aplikasi Alodokter seperti peresepan online dalam Chat Bersama Dokter di tahun 2020 ini, tentunya memberikan beberapa perubahan dalam ketentuan pada pedoman dokter selama ini. Oleh karena itu, kami telah melakukan pembaharuan ketentuan umum bagi dokter agar sejalan dengan perkembangan tersebut.
Berikut kami lampirkan General Rules Aplikasi Alodokter 2020 yang juga kini dapat Dokter lihat pada menu Pedoman Dokter dalam Aplikasi ALOMEDIKA.
Semoga bermanfaat.
Tetapi untuk pembatasan jumlah shift yaitu maks 30 slot utk spesialis, apakah masih relevan, dengan pertimbangan:
- masa pandemi yg telah ditetapkan pemerintah
- alodokter sbg mitra resmi pemerintah
- lonjakan kunjungan pasien secara online
- tanggung jawab moral dan profesional untuk melayani lbh byk pasien.
Sbg seorg Psikolog, sy mndpt byk keluhan somatisasi dr pasien yang mana terapinya tdk cukup sekali. Dan ketika mereka ingin mengunjungi saya kembali, sy tdk sedang online karena terbatas pada jumlah shift.
Contoh lain dr pengalaman sy sendiri ketika ada pasien yg hrs diintervensi dgn diagnosis ansietas (dd/ panick attact) yg sudah temu janji ttpi terkait pembatasan shift, sy tdk bs ol. Akibatnya pasien merasa rendah diri, berpikiran negatif dan mencari saya via Instagram.
Sbg masukan kpd alodokter, tujusnnya agar aplikasi kita ini lbh baik lg, tolong dipertimbangkan kelanjutan dr aturan ini, terutama urgensi penetapan 30 slot tsb, alasan (evidence based) serta implikasi dari kebijakan ini.
Terimakasih.
Terkait hal tersebut saat ini kami masih mengacu pada ketentuan maksimal 30 shift dalam tiap minggu bagi Dokter spesialis/psikolog/dokter gigi. Semoga pak Rangga sudah mendapatkan email via tim kami mengenai regulasi jumlah shift tersebut pada waktu lalu.
Namun, kami jg akan senantiasa mengevaluasi regulasi baik poin tersebut maupun secara umum. Akan menjadi pertimbangan kami risk dan benefitnya terkait hal yg disampaikan.
Terima kasih atas masukannya :)
Alo, Dokter!
Adanya perkembangan fitur pada Aplikasi Alodokter seperti peresepan online dalam Chat Bersama Dokter di tahun 2020 ini, tentunya memberikan beberapa perubahan dalam ketentuan pada pedoman dokter selama ini. Oleh karena itu, kami telah melakukan pembaharuan ketentuan umum bagi dokter agar sejalan dengan perkembangan tersebut.
Berikut kami lampirkan General Rules Aplikasi Alodokter 2020 yang juga kini dapat Dokter lihat pada menu Pedoman Dokter dalam Aplikasi ALOMEDIKA.
Semoga bermanfaat.
Terima kasih banyak.
Penting iniii...๐๐ป๐๐ป๐๐ป
Tetapi untuk pembatasan jumlah shift yaitu maks 30 slot utk spesialis, apakah masih relevan, dengan pertimbangan:
- masa pandemi yg telah ditetapkan pemerintah
- alodokter sbg mitra resmi pemerintah
- lonjakan kunjungan pasien secara online
- tanggung jawab moral dan profesional untuk melayani lbh byk pasien.
Sbg seorg Psikolog, sy mndpt byk keluhan somatisasi dr pasien yang mana terapinya tdk cukup sekali. Dan ketika mereka ingin mengunjungi saya kembali, sy tdk sedang online karena terbatas pada jumlah shift.
Contoh lain dr pengalaman sy sendiri ketika ada pasien yg hrs diintervensi dgn diagnosis ansietas (dd/ panick attact) yg sudah temu janji ttpi terkait pembatasan shift, sy tdk bs ol. Akibatnya pasien merasa rendah diri, berpikiran negatif dan mencari saya via Instagram.
Sbg masukan kpd alodokter, tujusnnya agar aplikasi kita ini lbh baik lg, tolong dipertimbangkan kelanjutan dr aturan ini, terutama urgensi penetapan 30 slot tsb, alasan (evidence based) serta implikasi dari kebijakan ini.
Terimakasih.
Saya melihat sisi baik dari Alodokter untuk membatasi kerja 60jam/mgg untuk menghindari burnout tadi (yang sebenarkan rata2 fulltimer saja hanya 40jam/minggu).
Kadang-kadang kerap tenaga medis dan pemberi jasa di bidang kesehatan saking inginnya membantu dan menolong pasien lupa menjaga stamina/mempertahankan kesehatan diri sendiri.
Itulah mengapa kami bahkan ditekankan di KODEKI (kode etik kedokteran) untuk menjaga kesehatan diri sendiri.
Melihat pengalaman,
Alhamdulillah pasien bisa kontak via instagram,
Pasien tetap perlu diberikan edukasi untuk memgenali tanda2/gejala emergency kapan hrs ke pelayanan kesehatan di tengah pandemi COVID19 ini.
Perlu dipertimbangkan kerja teamwork bila sdh maksimal 30 slot, mgkn bisa merujuk user/pasien ke teman sejawat yang sedang aktif, mengingat umumnya msg2 disiplin ilmu punya grup chat bersama (WAG).
Sekedar menyampaikan pendapat,
Mhn maaf apabila ada yg kurang berkenan.