Mendapat penilaian buruk pada chat aplikasi Alodokter - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat malam. Saya izin bertanya, saya tadi malam online pukul 00.00-02.00 dini hari, setiap 15-20 menit saya cek aplikasi. Pada pukul 01.30 saya cek &...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Mendapat penilaian buruk pada chat aplikasi Alodokter

    Dibalas 29 Januari 2024, 11:25

    Selamat malam. Saya izin bertanya, saya tadi malam online pukul 00.00-02.00 dini hari, setiap 15-20 menit saya cek aplikasi. Pada pukul 01.30 saya cek & refresh aplikasi namun tidak ada chat masuk/ notifikasi. Kemudian tiba2 notifikasi muncul pada pukul 02.00 & ternyata chat sudah tertutup krn habis waktu, tapi saya masih bisa mengajukan pertanyaan dari AI, setelah itu tidak bisa lagi. Padahal sblmnya saya cek bbrp kali tidak ada chat msk.

    Sehingga pasien kecewa & memberikan thumbs down ke saya, rating saya jg jd anjlok (berhubung saya masih pengguna baru & 1 thumbsdown lgsg berakibat signifikan). Padahal saya standby & sistem tiba2 ngebug.

    Kemudian saya langsung menghubungi pihak alodokter & mereka memberikan link gform. Namun belum ada tindak lanjut dari pihak alodokter, Sehingga sejak itu pasien konsultasi menurun drastis.

    Apakah ts ada yg pernah mengalami & Bagaimana kelanjutannya? Terima kasih atas perhatiannya

25 Januari 2024, 19:01
Saya pernah jg kejadian demikian, yg ada dpt thums down, pasien merasa uangnya hilang 50rb dgn konsultasi tdk dijawab, sdgkan kita setiap selasa jg tdk dibayarkan oleh pihak alomedika, krn tdk terjadi komunikasi konsultasi. Yg apesnya, uang pasien dikembalikan, thumbs down pasien permanen, rating turun, pasien turun. Rezeki udah ada yg ngatur
25 Januari 2024, 19:05
Iyaa dok. Persis sama. Tp memang terasa begitu rating anjlok, pasien lgsg menurun drastis dok.
Yah smoga alodokter bisa menerima saran & kritik mitra dokter utk kenyamanan bersama ya dok.
25 Januari 2024, 19:08
dr. Dea Florensia, Sp.D.V.E
dr. Dea Florensia, Sp.D.V.E
Dokter Spesialis Kulit
Betul dok dan masalah rating ini sudah pernah saya tanyakan tidak bisa dihapus alias permanen. Kalau saya, gas online terus saja, nanti sedikit2 akan naik lagi pasiennya
25 Januari 2024, 20:59
Selamat Malam Dokter
Ijin dok, sering mengalami hal tsb apalgi di jam malam sampai dini hari.
Nanti seiring waktu bs menyesuaikan dan memperbanyak jam online sehingga semakin sering bs menutup bbrp thumbsdown, memang 1 thumbsdown sangat berpengaruh dibanding bnyk thumbs up
Tetap semangat dokter
25 Januari 2024, 21:24
Baik dok, terima kasih yaa masukannya.
Padahal jam malam sedikit yg online ya dok, tapi malah sering ngebug ya?
Semoga tetap semangat dok ๐Ÿ˜Š
26 Januari 2024, 21:47
dr. Yufi Permana, M.Ked(OG), SpOG
dr. Yufi Permana, M.Ked(OG), SpOG
Dokter Spesialis Kandungan
Ya, saya juga pernah mengalami hal ini, sejak saat itu paling anti melihat ulasan dari pasien, lebih baik layani saja sesuai sop, tidak usah lagi dilihat review dan rating.
26 Januari 2024, 21:56
Benar dok, Krn tidak bisa diapa2in juga ๐Ÿ˜
25 Januari 2024, 19:09
Naikkan rating susah dok, namun bikin turun gampang kali
29 Januari 2024, 10:54
Halo, dokter.
Perihal yang dokter alami di atas, saya belum pernah alami, tapi sering ada beberapa kejadian serupa.
Dan concern saya jg mmg lbh pada ke review negatifnya. Kita tentu berusaha memahami ya bahwa Alodokter mengingat review yg apa adanya mengenai pelayanan kepada user, shg bs menjadi evaluasi bagi kita semua. Ini baik, tapi sejujurnya saya juga sudah seringkali menyampaikan keluhan karena jadinya kebijakan Alodokter lebih banyak yang mengedepankan sisi user saja, tp tdk mempertimbangkan kesejahteraan pemberi layanan. Padahal review negatif itu perlu juga dilihat bagaimana dinamika konsulnya. Seringkali saya sebagai psikolog mendapat kloen yang sejak awal sdh punya masalah emosi shg meski sdh berusaha menjaga dan berhati2, tetap saja ada ledakan emosi yg jadinya terasa merendahkan pemberi layanan. Contohnya seperti pengalaman anda di atas. "Saya udah bayar ya, sia2 gak dapet jawaban yg saya mau" "Uang saya kebuang percuma" dll.Sehingga saya kira semoga dgn adanya diskusi ini, team Alodokter bs juga mempertimbangkan:
Jika review negatif sulit untuk di take down, tolong lebih bijak dalam mengeluarkan review negatif. Krn nama baik kami juga terdampak. Sedangkan org lain, tidak tahu kondisi yang sesungguhnya terjadi. Taunya hanya review jelek=layanannya jelek, pdhl belum tentu. Terima kasih 🙏🏻
25 Januari 2024, 21:44
Saya juga mengalami hal yg sama dok..
Dalam seminggu 2x kejadiannya.
Tidak ada notifikasi utk chat baru, yg masuk itu notifkasi bhw chat sdh ditutup otomatis.
Akhirnya user kecewa dan memberikan thumbdown dan respon negatif.
Ini mempengaruhi rating dan performa bulanan. Pernah juga ada kejadian saya tidak sdg jdwl online, tp diaplikasi user saya online ( saya gak ngerti knp bisa gitu, mgkn bug)
Masuk 2 chat. Endingnya thumbdown. Udh lapor ke tim operasional alodokter, disuruh isi Gform. Sudah diisin smw Gform tp sampai skr review negatifnya masih tetap ada. Ya udahlah skr saya pasrah aja 😢 yang namanya aplikasi pasti bisa eror.
26 Januari 2024, 06:26
Waduh ternyata sering terjadi ya masalah sistem yg error ini & cukup merugikan semua pihak ya kalo berulang2 seperti dktr alami.
Kita berharap alodokter mau mendengarkan saran & kritik mitra, semoga kedepannya apiikasi alodokter menjadi lebih baik. Semangat dok
25 Januari 2024, 18:47
dr. Dea Florensia, Sp.D.V.E
dr. Dea Florensia, Sp.D.V.E
Dokter Spesialis Kulit
Alo dokter, sharing dok. Kejadian ini juga pernah saya alami, tidak ada notif/terlihat masuk pasien... Tiba2 notif yg muncul chat โ€œditutupโ€. Awal2 pernah komplain ke admin tapi juga solusi menggantung.


Mungkin nanti sistem yg dibuat manajemen;ย  2 menit tidak ada respon dr dokter, pasien bs memilih dokter lain, bs menjadi sedikit solusi supaya win win solution

25 Januari 2024, 18:57
Iya ya dok, berarti memang kesalahan sistem ya. Tadinya saya kira saya salah krn saya memang masih baru disini.
Tapi cukup mengecewakan krn kita sudah sesuai SOP, ada error dari sistem tetapi tidak ada tindak lanjut dr pihak alodokter.
Memang sebaiknya fitur doctors waiting segera direalisasikan agar tidak merugikan semua pihak ๐Ÿ˜“
25 Januari 2024, 19:11
dr. Dea Florensia, Sp.D.V.E
dr. Dea Florensia, Sp.D.V.E
Dokter Spesialis Kulit
Tidak dok, kasus seperti ini beberapa kali dialami kok. Awal-awal dulu juga sering tidak ada notif akhirnya telat balas juga dan di rating jelek. Dulu pusing karena mikir rating (dan ga bs diapa2kan). Tapi semangat online saja dok terus, nanti lama2 pasien akan naik lagi, dan rating jelek akan tertutupi ๐Ÿ˜Š
26 Januari 2024, 10:27
drg.Israyani, Sp.PM
drg.Israyani, Sp.PM
Dokter Gigi Spesialis
Keluhan thumb down ini juga sudah saya sudah sampaikan ke pihak admin alodokter, tapi tidak ada tindak lanjutnya..sudah isi gform diminta tunggu sampai 3 hari kerja ..tapi sudah lebih seminggu dianggap angin lalu, saya malah karena pasien yang salah memilih dokter...pengen ke dokter gizi tapi pilih dokter gigi..sudah diarahkan dalam aplikasi..tapi yang dinilai negatif kita lebih karena kehilangan 50rb nya... Semoga pihak yang berwenang mengatasi ini di alodokter bisa segera menyelesaikan keluhan demikian.. karena jelas pengaruh ke performa kita yang sudah dijaga sebaik mungkin. Salam sehat.
26 Januari 2024, 10:36
Benar dok, performa langsung drop banyak dgn 1 thumbs down saja, pdhl 1 thumbs up hanya menaikkan sedikit, apa lagi bagi pengguna baru seperti saya. Awal2 pasien cukup lumayan, namun begitu rating turun, sangat berpengaruh.
Semoga pihak alodokter bisa lebih baik dalam menanggapi saran & kritik dari mitra/ pasien utk lebih baik lagi.
26 Januari 2024, 21:24
dr. Agussyah Putra, M. Ked (KJ), SpKJ
dr. Agussyah Putra, M. Ked (KJ), SpKJ
Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa
Tidak bisa apa-apa, cuma pasrah.
26 Januari 2024, 21:26
Benar dok. Udh komplain & isi gform, unfaedah, review buruk tidak akan di takedown, yg salah tetep dokternya dong ๐Ÿ˜
27 Januari 2024, 20:21
Saya juga kejadian minggu kemaren dok wkwk
29 Januari 2024, 11:25
Benar mba, setuju sekali. Dgn saya menyampaikan disini, terlihat jg byk ts yg mengalami hal serupa & tidak puas dgn tanggapan alodokter. Saya berharap agar alodokter lebih bijak dalam menyikapi permasalahan mitra-user & Semoga kenyamanan mitra kedepannya juga lebih diperhatikan ya mba
26 Januari 2024, 09:39

Alo, dokter
Terima kasih atas pertanyaannya.
Terkait peninjauan  review  dari  user,  memang  benar  ada  form  yang  perlu  diisi  untuk menjadi  data  dan  pertimbangan  dari  tim  Alodokter.  Jika  review  tersebut  karena  kesalahan  teknis,  kami  sepakat  bahwa hal  tersebut  bukan  kesalahan  dokter.

Pengisian G-form memang menjadi  prosedur sebagai data untuk peninjauan lebih lanjut, Untuk  proses  peninjauan ini  diperlukan  waktu  maksimal  3 hari  kerja, harap  menunggu proses yang berlangsung. Jika  sudah melebihi  waktu  tersebut silakan  menghubungi  tim  operasional  untuk  follow-up  dan  konfirmasi.  Namun  perlu  disampaikan  juga  bahwa  tidak  semua  review  negatif  akan  pasti  diturunkan  (dihapus).  Akan  dilakukan  peninjauan  sistematis oleh  Tim  Alodokter.

Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.  

26 Januari 2024, 10:05
Baik dokter, saya & beberapa dokter telah menunggu >1 minggu, namun belum ada yg reviewnya dihapus dok. Oleh karena itu, saya membuka diskusi disini utk mengetahui apakah ada yg mengalami hal serupaย  & ternyata banyak. Sbg Masukan jg dok, sebaiknya fitur waiting for doctor segera direalisasikan agar pihak mitra & pasien lebih nyaman.
25 Januari 2024, 18:32
Mohon maaf, kejadian sekitar 1 minggu yg lalu