Selamat malam. Saya izin bertanya, saya tadi malam online pukul 00.00-02.00 dini hari, setiap 15-20 menit saya cek aplikasi. Pada pukul 01.30 saya cek &...
Mendapat penilaian buruk pada chat aplikasi Alodokter - Diskusi Dokter
general_alomedikaDiskusi Dokter
- Kembali ke komunitas
Mendapat penilaian buruk pada chat aplikasi Alodokter
Selamat malam. Saya izin bertanya, saya tadi malam online pukul 00.00-02.00 dini hari, setiap 15-20 menit saya cek aplikasi. Pada pukul 01.30 saya cek & refresh aplikasi namun tidak ada chat masuk/ notifikasi. Kemudian tiba2 notifikasi muncul pada pukul 02.00 & ternyata chat sudah tertutup krn habis waktu, tapi saya masih bisa mengajukan pertanyaan dari AI, setelah itu tidak bisa lagi. Padahal sblmnya saya cek bbrp kali tidak ada chat msk.
Sehingga pasien kecewa & memberikan thumbs down ke saya, rating saya jg jd anjlok (berhubung saya masih pengguna baru & 1 thumbsdown lgsg berakibat signifikan). Padahal saya standby & sistem tiba2 ngebug.
Kemudian saya langsung menghubungi pihak alodokter & mereka memberikan link gform. Namun belum ada tindak lanjut dari pihak alodokter, Sehingga sejak itu pasien konsultasi menurun drastis.
Apakah ts ada yg pernah mengalami & Bagaimana kelanjutannya? Terima kasih atas perhatiannya
Yah smoga alodokter bisa menerima saran & kritik mitra dokter utk kenyamanan bersama ya dok.
Ijin dok, sering mengalami hal tsb apalgi di jam malam sampai dini hari.
Nanti seiring waktu bs menyesuaikan dan memperbanyak jam online sehingga semakin sering bs menutup bbrp thumbsdown, memang 1 thumbsdown sangat berpengaruh dibanding bnyk thumbs up
Tetap semangat dokter
Padahal jam malam sedikit yg online ya dok, tapi malah sering ngebug ya?
Semoga tetap semangat dok ๐
Perihal yang dokter alami di atas, saya belum pernah alami, tapi sering ada beberapa kejadian serupa.
Dan concern saya jg mmg lbh pada ke review negatifnya. Kita tentu berusaha memahami ya bahwa Alodokter mengingat review yg apa adanya mengenai pelayanan kepada user, shg bs menjadi evaluasi bagi kita semua. Ini baik, tapi sejujurnya saya juga sudah seringkali menyampaikan keluhan karena jadinya kebijakan Alodokter lebih banyak yang mengedepankan sisi user saja, tp tdk mempertimbangkan kesejahteraan pemberi layanan. Padahal review negatif itu perlu juga dilihat bagaimana dinamika konsulnya. Seringkali saya sebagai psikolog mendapat kloen yang sejak awal sdh punya masalah emosi shg meski sdh berusaha menjaga dan berhati2, tetap saja ada ledakan emosi yg jadinya terasa merendahkan pemberi layanan. Contohnya seperti pengalaman anda di atas. "Saya udah bayar ya, sia2 gak dapet jawaban yg saya mau" "Uang saya kebuang percuma" dll.Sehingga saya kira semoga dgn adanya diskusi ini, team Alodokter bs juga mempertimbangkan:
Jika review negatif sulit untuk di take down, tolong lebih bijak dalam mengeluarkan review negatif. Krn nama baik kami juga terdampak. Sedangkan org lain, tidak tahu kondisi yang sesungguhnya terjadi. Taunya hanya review jelek=layanannya jelek, pdhl belum tentu. Terima kasih 🙏🏻
Dalam seminggu 2x kejadiannya.
Tidak ada notifikasi utk chat baru, yg masuk itu notifkasi bhw chat sdh ditutup otomatis.
Akhirnya user kecewa dan memberikan thumbdown dan respon negatif.
Ini mempengaruhi rating dan performa bulanan. Pernah juga ada kejadian saya tidak sdg jdwl online, tp diaplikasi user saya online ( saya gak ngerti knp bisa gitu, mgkn bug)
Masuk 2 chat. Endingnya thumbdown. Udh lapor ke tim operasional alodokter, disuruh isi Gform. Sudah diisin smw Gform tp sampai skr review negatifnya masih tetap ada. Ya udahlah skr saya pasrah aja 😢 yang namanya aplikasi pasti bisa eror.
Kita berharap alodokter mau mendengarkan saran & kritik mitra, semoga kedepannya apiikasi alodokter menjadi lebih baik. Semangat dok
Mungkin nanti sistem yg dibuat manajemen;ย 2 menit tidak ada respon dr dokter, pasien bs memilih dokter lain, bs menjadi sedikit solusi supaya win win solution
Tapi cukup mengecewakan krn kita sudah sesuai SOP, ada error dari sistem tetapi tidak ada tindak lanjut dr pihak alodokter.
Memang sebaiknya fitur doctors waiting segera direalisasikan agar tidak merugikan semua pihak ๐
Semoga pihak alodokter bisa lebih baik dalam menanggapi saran & kritik dari mitra/ pasien utk lebih baik lagi.
Alo, dokter
Terima kasih atas pertanyaannya.
Terkait peninjauan review dari user, memang benar ada form yang perlu diisi untuk menjadi data dan pertimbangan dari tim Alodokter. Jika review tersebut karena kesalahan teknis, kami sepakat bahwa hal tersebut bukan kesalahan dokter.
Pengisian G-form memang menjadi prosedur sebagai data untuk peninjauan lebih lanjut, Untuk proses peninjauan ini diperlukan waktu maksimal 3 hari kerja, harap menunggu proses yang berlangsung. Jika sudah melebihi waktu tersebut silakan menghubungi tim operasional untuk follow-up dan konfirmasi. Namun perlu disampaikan juga bahwa tidak semua review negatif akan pasti diturunkan (dihapus). Akan dilakukan peninjauan sistematis oleh Tim Alodokter.
Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.