Tertarik Menjadi Bagian Telemedicine. - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter. Salam sejawat.Perkembangan sekaligus perubahan paradigma pelayanan kesalahan sudah kita rasakan sejak beberapa waktu belakangan. Salah satu...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Tertarik Menjadi Bagian Telemedicine.

    Dibuat 08 Juli 2024, 22:22

    Alo dokter.

    Salam sejawat.

    Perkembangan sekaligus perubahan paradigma pelayanan kesalahan sudah kita rasakan sejak beberapa waktu belakangan. Salah satu bentuk perkembangan zaman tersebut, seperti yang saya tulis sebelumnya adalah Telemecine. Sebuah konsep pelayanan kesehatan dalam genggaman yang bsia diakses kapan pun, dimanapun, oleh siapapun dan bisa memilih spesialisasi apapun yang di inginkan pengguna layanan nya. Jujur saja saya bukan orang yang berkecimpung didunia telemedicine. Namun sekarang saya memiliki rasa ketertarikan untuk ikut terlibat kedalamnya. Untuk itu saya berusaha mencermati dan menelaah setiap aspek positif dan negatifnya dari layanan Telemedicine.

    Mencermati telemedicine dalam pandangan pribadi saya, prinsip kerjanya seperti pada layanan transportasi online yang sudah lebih dahulu maju dan pesat perkembangannya. Mengapa saya mengatakan mirip? Karena dari struktur besarnya terdiri dari 4 bagian yaitu Penerima layanan (masyarakat), pemberi layanan (pihak pelaksana telemedicine), mitra (dokter) dan pengawas/pembuat aturan (kemenkes).

    Sangat menarik untuk melihat bagaimana timbal balik dari 4 elemen yang terlibat tersebut terutama 3 elemen pertama.

    Mohon koreksi jika saya salah memahami konsep kerja Telemedicine ini.

    Pertama masyarakat yang membutuhkan layanan akan meminta kepada pelaksana pelayanan. Lalu pelaksana layanan melibatkan mitra yang begitu banyak. Masyarakat bebas memilih kepada siapa mereka akan meminta layanan kesehatan nya.

    Hubungan yang begitu erat tersebut disatu sisi akan menimbulkan potensi kesenjangan. Jika masyarakat merasa puas dengan layanan yang diberikan tentu tidak akan menjadi masalah. Bahkan jnj lah yang kita semua harapkan. Namun jika masyarakat yang meminta layanan lalu merasa tidak puas lalu memberikan umpan balik negatif bagaimana? Jika permasalahan ini timbul akan membuat saya bertanya beberapa hal:

    1. Jika klien (masyarakat) merasa tidak puas dg alasan apapun, apakah bisa meminta kembali biaya yang sudah dia keluarkan? Dan jika sebelumnya klien memberi umpan balik negatif, apakah bisa di "hilangkan" umpan balik tersebut jika Misalnya dana klien dikembalikan?

    2. Jika terjadi kebalikan nya, dalam hal ini klien berbuat tidak menyenangkan kepada mitra seperti berkata kasar atau mengharapkan sesuatu yang tidak logis seperti minta resep obat penenang atau golongan narkotik, lalu karenanya memberikan umpan balik negatif, bagaimana perlindungan terhadap mitra (dokter) tersebut? Karena umpan balik sangat berhubungan dengan reputasi mitra.

    Kepada sejawat yang mengerti perihal tersebut saya harapkan komentarnya agar bisa memantapkan pilihan saya

    Terimakasih

    Salam sejawat