Alo Dokter, izin bertanya.Bagaimana cara bijak sebagai medical advisor saat menghadapi pasien yang memulai chat yang berkonten tidak senonoh (porno) atau...
Tips dan Trik menghadapi pasien pada forum konsultasi online - Diskusi Dokter
general_alomedikaDiskusi Dokter
- Kembali ke komunitas
Tips dan Trik menghadapi pasien pada forum konsultasi online
Alo Dokter, izin bertanya.
Bagaimana cara bijak sebagai medical advisor saat menghadapi pasien yang memulai chat yang berkonten tidak senonoh (porno) atau tidak sopan terhadap kita?
Saya sudah mengakhiri chat dengan sopan dan menekan tombol spam, namun alhasil user memberikan ulasan negatif :(
Adakah ts yang mengalami kejadian serupa? Apakah ada tips dan trik menghadapi user seperti ini?
Terima kasih dokter 🙏
Sebelumnya saya ucapkan turut prihatin ya Dok.
Serupa tapi tak sama dengan saya lho Dok...
Tadi malam juga saya menangani pasien kulit yang saya duga kuat juga memiliki kelainan kejiwaan.
Jadi si pasien tersebut sejak awal saya gali mengenai riwayat pengobatan sebelumnya, sudah tidak berkenan, lalu saat saya teruskan menggali informasi, pasiennya mulai ngamuk. Saya belum sempat selesai ketik jawaban, baru tiga menit sejak chat terakhir, saya sudah dimaki2.
Akhirnya setelah saya tutup chatnya dengan penjelasan dan rekomendasi, pasien tersebut juga menulis komentar yang merugikan saya.
Saya menganggap ini adalah bentuk slandering ya.
Ini kekerasan verbal terhadap Dokter dan ditambah dengan pencemaran nama baik.
Akhirnya tadi pagi saya memutuskan untuk mengirim pesan ke admin Alodokter, menceritakan kronologis kejadian dan balik melaporkan pasien dengan sebutan slandering atau pencemaran nama baik.
Saat ini saya sedang menunggu hasil review chatnya.
Sabar ya Dok.
Resiko bekerja sebagai tenaga medis ya seperti ini,
Tidak semua pasien itu normal, ada juga yang toksik, sosiopat atau punya extra gangguan kejiwaan.
Akhirnya jadi seperti ini.
Semangat...
Sy sering mengalami kejadian serupa. Bila chat masuk ke no pribadi boleh saja di blok dokter.
Tapi bila chat masuk ke no admin (khusus utk pelayanan medis) maka tidak ada kewajiban utk dijawab dok agar tidak menimbulkan fitnah krn sdh termasuk pelecehan sexual.
Izin untuk ikut berdiskusi. Utk kasus pornografi sy belum pernah menemukan, tetapi seringkali sy temukan dimana pasien tidak merespons atau melanjuti percakapan setelah waktu tunggu 30 menit tetapi setelah diberikan penjelasan umum dan hal2 yg dpt dilakukan dirumah, pasien tetap memberikan review negatif spt ketidakpuasan, kurang maksimal dsb. Dr kasus2 spt ini, yg dibutuhkan adalah 'hak jawab' dr kita sbg penyedia layanan kesehatan di kolom review karena hal2 spt ini cenderung tak elok dan berpotensi merugikan secara nama baik dan profesionalitas bagi tenaga kesehatan tsb. Mungkin ini bisa menjadi perhatian dr pihak terkait 😇
Menurut saya, jika ada komentar negatif dari pasien, kita sebagai penyedia layanan mestinya punya hak untuk balik melaporkan si pasien dan menjelaskan kronologis kejadiannya.
Dan jika setelah melewati proses review, ternyata kita tidak membuat kesalahan.
Atau pasien memang sudah jelas melontarkan kata-kata yang tidak menyenangkan, ngamuk2 di sesi konsultasi, dll.
Pihak Alodokter semestinya harus segera mencabut dan men take down komentar negatif itu.
Jangan langsung menyetujui komentar negatif pasien secara sepihak tanpa meneliti duduk perkaranya.
Karena itu sangat merugikan tenaga medis yang memberikan pelayanan.
Dan itu sudah masuk katering slandering alias pencemaran nama baik.
Itu juga masuk kategori kekerasan verbal ya Pak.
Alo dr. Anon, coba bantu menjawab ya dok.. kalau dalam konsultasi dokter menemukan user yang demikian, dokter bisa mengawali dengan menanyakan kembali adakah keluhan terkait permasalahan kesehatan yang ingin ditanyakan. Jika user tidak ada keluhan medis dan hanya mengirimkan foto yang tidak sesuai konteks keluhan atau mengarah pada unsur pornografi, maka dokter bisa terlebih dahulu berikan edukasi pada user untuk menggunakan aplikasi dengan bijak untuk konsultasi masalah kesehatan dan dokter bisa pastikan kembali keluhan medisnya.
Jika user masih tidak kooperatif dan sudah masuk kriteria spam (sebagaimana yang telah disampaikan kriteria spam dalam materi onboard) maka dokter bisa melaporkannya pada grup medical advisor Alodokter terlebih dahulu lalu bisa dokter gunakan tombol spam.
Demikian dok semoga dapat membantu :)
Tetap semangat dokter.. Saya yakin lebih banyak pasien yang sangat berterima kasih atas jasa dokter semua..
Alo, dokter
Menambahkan apa yang sudah disampaikan dokter Olvy di atas, selain tombol spam yang sudah tersedia di aplikasi, kami juga rutin melakukan evaluasi terhadap chat yang ditandai dokter sebagai spam, jika memang sudah melanggar syarat dan ketentuan maka pengguna akan diblokir dari ALODOKTER.
Alodokter sebagai platform terus berkomitmen memberikan layanan yang terbaik dan menjaga kenyamanan bersama baik para dokter dan juga pasien.
Demikian dapat saya tambahkan.
Terima kasih atas perhatian dan kerja sama dokter.
Sebagai dokter gigi ketika ditanya mengenai hal diluar gigi dan mulut sempat membuat gugup, takut. Pengalaman saya sewaktu mendapat chat seperti itu, saya langsung koordinasi dengan tim Op Alodokter di whatsapp minta arahannya, karena pengalaman pertama. Arahannya antara lain untuk arahkan ke dokter spesialis yang lebih sesuai, dan rekomendasikan mengunjungi faskes terdekat. Kemudian boleh langsung minta ijin menutup obrolan.