Alodok, salam sehat untuk kita semua.Saya ingin bertanya serta meminta saran dan masukan dari rekan sejawat sekalian. Saat ini saya baru saja ditugaskan...
Meningkatkan kapitasi klinik BPJS - Diskusi Dokter
general_alomedikaDiskusi Dokter
- Kembali ke komunitas
Meningkatkan kapitasi klinik BPJS
Alodok, salam sehat untuk kita semua.
Saya ingin bertanya serta meminta saran dan masukan dari rekan sejawat sekalian. Saat ini saya baru saja ditugaskan menjadi dokter penanggung jawab di suatu klinik, dengan PR utama yang ditugaskan dari owner adalah meningkatkan kapitasi BPJS dari klinik tersebut. Keadaan saat ini memang kapitasi disini masih sangat kecil (kurang lebih hanya sekitar 2000an anggota BPJS) yang mungkin disebabkan oleh kalahnya daya saing klinik ini dengan faskes kesehatan yang lain di lingkungan sekitar, dan dengan keadaan seperti ini memang sangat sulit untuk bisa menutup biaya operasional bulanannya. Saya pun berinisiatif untuk mencari cara bagaimana agar klinik tempat saya bertugas ini bisa membuat masyarakat tertarik untuk mendaftarkan BPJS mereka di klinik saya. Sejauh ini memang saya sudah berencana untuk memperbaiki sedikit dari bagian internal klinik, lalu mencoba untuk merancang program-program promosi kesehatan seperti misalnya penyuluhan, posyandu, IVA test dan lain-lain. Sebenarnya kegiatan ini sudah rutin dilakukan, namun hingga sekarang klinik masih kesulitan untuk menarik minat penduduk setempat agar mau berobat rutin di klinik ini.
Pada kesempatan ini, saya ingin meminta saran dan masukan dari rekan sejawat yang saat ini sedang atau pernah bertugas sebagai dokter PJ yang memiliki pengalaman memajukan klinik dari bawah hingga akhirnya bisa beroperasi dengan lebih baik, atau mungkin dari sejawat sekalian punya ide tertentu yang sekiranya menarik untuk bisa saya lakukan untuk menarik perhatian pasien agar mau berobat ke klinik ini.
Terima kasih
Untuk klinik BPJS meningkat kapitasi mmg cukup sulit mengingt pasien juga dpt pindah faskes lgsg melalui app mobile JKN
namun ada brp trik yg bisa dokter coba
1. Ramah tamah dalam melayani pasien
Bina saja dulu pasien yg ada, dengan melakukan pelayanan yg baik maka pasien sendri yg akan merekomendasikan ke sekitar
2. Adakan promosi cek gula gratis dll
Sesuaikan budget
3. Adakan marketing
Cari target PT kebgaian HRD, ajak kerja sama
4. Jangan terlalu kaku untuk bbrp aturan
5. Dekati RT/RW setempat hehehhehe
6. Tanggapi dengan baik komplainan pasien
7. Perhatikan kebersihan dan kenyamann pasien misal ruangan yg dingin adem
8. Tonjolkan kelebihan klinik di banding klinik sekitar misal USG
9. Pakai dokter praktek yg sudh berpengalaman
Namun perlu di ingat bbrp hal yg di atas akan percuma bila tempt kurang strategis atau jauh dr penduduk
Semoga bisa membantu 🙏🏼