Alo Dokter!Bagi TS Medical Advisor tentu sudah tidak asing dengan istilah dan ketentuan response time atau jeda waktu menjawab konsultasi dalam Chat Bersama...
Response time dalam Chat Bersama Dokter - Diskusi Dokter
general_alomedikaDiskusi Dokter
- Kembali ke komunitas
Response time dalam Chat Bersama Dokter
Alo Dokter!
Bagi TS Medical Advisor tentu sudah tidak asing dengan istilah dan ketentuan response time atau jeda waktu menjawab konsultasi dalam Chat Bersama Dokter. Pada awal percakapan atau memulai percakapan, Dokter sebaiknya dapat merespons dalam 5 menit dengan anamnesis awal, kemudian ketika percakapan berlangsung, jeda waktu dalam merespons adalah tidak lebih dari 10 menit.
Ketentuan response time ini dibuat agar konsultasi dapat berjalan lancar sehingga pengguna bisa mendapatkan jawaban akurat dan respons cepat dari Dokter. Hal ini juga penting untuk diperhatikan agar percakapan dapat terkelola dengan baik hingga akhir dan tujuan dari konsultasi dapat tercapai.
Terdapat juga ketentuan, apabila 30 menit user tidak merespons, maka Dokter dapat memberikan info umum termasuk kemungkinan penyebab, home management, tanda bahaya serta saran ke dokter secara general terhadap kasus klinis yang diutarakan pada awal percakapan dan setelahnya dapat menutup chat.
Jika Dokter ada kendala teknis atau sinyal yang menyebabkan waktu menjawab menjadi lebih lama, Dokter dapat melaporkan pada tim operasional yang bertugas agar dapat dibantu kendalanya.
Bagaimana pengalaman rekan-rekan sejawat dalam hal ini, apakah ada kesulitan yang dialami dalam response timeI? Mari kita diskusikan bersama.
Alo dr. Fandi Triansyah Sp.PD. Terima kasih atas tanggapannya dok, baik dok memang sejauh ini belum ada disclaimer untuk user dok, namun salah satu upayanya mungkin bisa diedukasi ke user misalnya mohon maaf untuk menunggu karena juga sedang membalas pertanyaan konsultasi lainnya. Terima kasih juga atas sarannya ya dok semoga dapat menjadi concern untuk kedepannya
Alo dr. Anastasia Sp.KJ. Baik dok, terima kasih atas tanggapan dan masukannya dokter.
Mugkin user juga perlu yah merespon kita 🙏🏻🙏🏻. Karena dari beberapa pertanyaan yang saya dapatkan, cukup ada beberapa juga respon user tidak ada, bahkan seketika hilang lenyap..hahahahaha..sorry 🙏🏻✌️
Nah saya juga pernah gini, notification di kita slow respon seakan akan Kita tidak menjawab dengan cepat. Hehehehe, tapi tidak apa, namanya proses belajar yah 🙏🏻🙏🏻
Alo dr. Loysa Sp.A, baik terima kasih atas tanggapannya dok. Mungkin jika ada kendala notifikasi atau teknis bisa dilaporkan ke tim operasional juga dok agar bisa dibantu untuk dimaksimalkan kembali. Semoga dapat lebih baik kedepannya dokter.
Kemudian sebaiknya sewaktu kita mnjawab konsultasi dg user A, User B dst juga diinformasikan bahwa kita sdg ada konsultasi dg user lain shg mencegah kesalahpahaman user thd respon chat kita
Mgkin ada bbrp mslh sinyal, jaringan aplikasi dsb yg prl diperkuatTerima kasih saran dan recall-nya🙏🏻😇😊
Alo dokter, terima kasih atas tanggapannya dok. Mungkin jika ada kendala notifikasi atau teknis bisa dilaporkan ke tim operasional juga dok agar bisa dibantu untuk dimaksimalkan kembali. Semoga dapat lebih baik kedepannya dokter.
Baik dokter, terima kasih remindingnya... kalau saya mungkin yg lwt 5 menit kalau pasien sepi, jd kurang concern ke HP. Atau kadang notifikasi sering delay 3 menit bahkan 10menit juga pernah..
Mungkin selain respon chat dokter yg harus ditingkatkan, juga respon delievery obat dok..
Jika misal qt sdh cpt dan tanggap, tapi pasien jg lama mendapatkan obat, jadi berkurang secara keseluruhannya...
Terima kasih
Alo dr. Rano, Sp.THT-KL. Terima kasih atas tanggapannya dan sarannya dok.. baik dok, sedang diupayakan agar lebih baik lagi kedepannya.
Saat ini sering notifikasi telat masuk dan sering, padahal udah diposisi dichat. Dan beda dengan yg dulu, saat kita sedang menjawab chat pun , klu ada pasien yg masuk kita perlu ke home baru masuk kembali ke chat baru terlihat ada yg baru masuk.
Dan tentu masalah internet atau apa ya, chat kitapun tidak langsung diterima oleh yang konsul.
Dan tentu ini mempengaruhi respon time.
Dan tentu kami rasanya tidak nyaman juga, kalau harus balik ke home disaat sedang menjawab pertanyaan. Dulu bila saat menjawab, balik ke chat awal sudah terlihat klu ada yg masuk.
Alo dr. Tini, Sp.KJ, baik terima kasih atas tanggapannya dok. Jika demikian mungkin bisa dipastikan sinyal dalam keadaan stabil dan menggunakan aplikasi Alomedika yang versi terbaru dok.. namun jika masih ada kendala teknis bisa dilaporkan pada tim operasional dok agar nanti bisa dibantu kendalanya. Semoga dapat dimaksimalkan kembali untuk kedepannya ya dok.
Terima kasih atas remindernya
Seringnya user tidak sabar.. belum ada 5 menit sudah komplain dulu, padahal sering sekali 4 chat masuk bersamaan..dan kami butuh waktu untuk mengetik dan mengedukasi user 1 dan user lainnya.. dimana kita sedsng anamnesis/ menjelaskan ke user A, user B sudah komplain tidak sabar..
Sangat sering kali jg saat anamnesis, tiba2 user menghilang dan tidak menjawab pertanyaan yg ditanyakan tanpa konfirmasi apapun.
Alo dr. Arifatun Nisa Sp.A, terima kasih atas tanggapannya dok. Salah satu saran mungkin bisa edukasi pada usernya dok agar bisa menunggu karena sedang menjawab konsultasi lainnya juga. Kemudian jika memang user tidak merespons, dokter bisa menunggu 30 menit dok lalu bisa melanjutkan dengan berikan terlebih dahulu penjelasan umum sebelum akhiri percakapan karena user tidak lagi merespons lebih dari 30 menit. Demikian dok, semoga dapat membantu..
Alo dokter, kalau pasien masih merespons tentu dapat kita jawab sesuai ketentuan waktunya agar tidak terlalu lama. Namun, kalau memang selanjutnya tidak ada respons lagi setelah dianamnesis maka bisa ditunggu minimal 30 menit dulu dok lalu bisa berikan penjelasan umum sesuai pertanyaannya kemudian setelahnya dapat mengakhiri percakapan karena sudah 30 menit lebih user tidak ada respon lagi.
Saya sering menemukan pasien yg tidak sabaran.
Baru 2 menit chat masuk langsung halo halo terus.
Lalu dok, pasien belum tahu mengenai 30 menit durasi chat tanpa balasan akan ditutup oleh medical advisor. Jadi sebaiknya hal ini diberitahukan ke pasien saat di awal chat by system. Terima kasih dok.
Alo dr. Ariante, terima kasih atas tanggapan dan sarannya ya dok. Sejauh ini memang belum ada disclaimer di awal, jadi mungkin bisa diberikan dulu pengertian dan edukasi pada pasiennya misal untuk menunggu dan stand by dalam percakapan.
Alo dr. Laysa, terima kasih atas tanggapannya. Mengenai notifkasi mungkin saran dari thread ini dapat membantu https://www.alomedika.com/komunitas/topic/mengoptimalkan-notifikasi-alomedika
Kalau memang sudah dicoba namun masih terkendala, bisa dilaporkan ke tim operasional ya dok.
Mungkin user tidak tahu bahwa dokter bisa sekaligus membalas chat dari 4 user berbeda.
Terima kasih, semoga segera terealisasi.
Alo dr. Kholidatul Sp.PD, baik terima kasih atas tanggapan dan masukannya dok.
Alo dr. Ajeng, terima kasih atas tanggapannya dok. Pada kondisi jika user belum menjawab atau tidak ada tanggapn lebih dari 30 menit, dokter bisa berikan dulu penjelasan umum atau jawabannya kemudian setelahnya bisa menutup chat.
1. Notif atau pembaruan chat seringkali tidak muncul, menurut saya ini kendala teknis yang paling sering terjadi. Sering juga tidak muncul merah2 tanda notif.
2. Chat masuk/ balasan chat masuk bersamaan cukup banyak
3. Saya kadang lupa menutup chat, padahal sudah closing. Eh tiba2 pasien chat di jam offline dan tidak terjawab🙏
4. Chat boot kurang sesuai dan pasien sudah komplain duluan
5. Pasien menghilang, lalu tiba2 muncul menjelang shift habis, butuh waktu bagi dokter utk tune in dengan dengan pertanyaan & riwayat awal. Kadang memang kalau sedang padat, kami tidak sempat closing setelah 30 menit.
Terimakasih... mohon masukan dan bantuannya.
Alo dr. Merita, terima kasih atas tanggapannya dok.
Mengenai notifikasi, mungkin thread ini bisa membantu https://www.alomedika.com/komunitas/topic/mengoptimalkan-notifikasi-alomedika
Jika masih ada kendala, bisa dilaporkan pada tim operasional ya dok.
Selain itu memang yang penting adalah dalam menjawab pertanyaan yang masuk secara bersamaan penting untuk tetap bisa mengelola semua pertanyaan yang masuk dengan baik. Jika memang percakapan sudah selesai, semua penjelasan sudah dibertikan dan user sudah memahami penjelasan dokter maka bisa izin untuk akhiri percakapan dok guna menghindari masih ada pertanyaan yang masuk sampai di luar shift dokter.
Kalau chatbot ada yang tidak sesuai, dokter bisa konfirmasi kembali dengan anamnesis dan berikan penjelasan yang sesuai.
Jika pasien tidak merespons, bisa diperhatikan untuk menunggu minimal 30 menit ya dok lalu bisa berikan penjelasannya terlebih dahulu sebelum mengakhiri percakapan.
Semoga dapat membantu dok.